[Terlengkap] Metode Pendekatan Geografi Dalam Penelitian Lapangan

PelajarPintar.Com – Metode pendekatan yang dapat digunakan tidak lagi hanya dari aspek keruangan saja, melainkan juga dari aspek lainnya. Pada ilmu geografi dalam melakukan pendekatan sekurang-kurangnya harus melakukan dua jenis pendekatan, yaitu yang berlaku pada sistem keruangan dan yang berlaku pada sistem ekologi atau ekosistem.

Berbagai Metode Pendekatan Geografi:

1. Pendekatan keruangan

Pendekatan keruangan (spatial approach) merupakan metode pendekatan yang khas geografi. Pendekatan keruangan ini harus berdasarkan prinsip-prinsip yang berlaku yakni prinsip penyebaran, Interelasi dan deskripsi. Sedangkan yang termasuk pendekatan keruangan yaitu pendekatan topic, pendekatan aktivitas manusia dan pendekatan regional.

  • Pendekatan topik
    Dalam mempelajari suatu masalah geografi diwilayah tertentu, peneliti dapat mengadakan pendekatan dari topic tertentu yang menjadi perhatian utama. Misalnya di daerah tertentu, topic yang menjadi perhatian utama adalah kelaparan, maka kelaparan inilah yang menjadi sorotan utama dalam pendekatan topic.Hal yang menjadi pegangan pokok dalam melakukan pendekatan topic adalah tidak boleh dilepaskan hubungannya dengan ruang yang menjadi lokasi gejala atau topic yang didekati.

    Factor-faktor geografi seperti manusia dan keadaan lingkungan fisiknya tidak boleh diabaikan. Dengan landasan keruangan ini, akan dapat diungkapkan karakteristik kelaparan diwilayah yang bersangkutan.

  • Pendekatan aktivitas manusiaPendekatan ini diarahkan kepada aktivitas manusianya (human activies). Aktivitas penduduk dapat ditinjau dari penyebarannya, interelasinya dan deskripsinya dengan gejala-gejala lain yang berkenaan dengan aktivitas manusia.

    Dari penyebarannya dapat dibedakan jenis-jenis aktivitas sehubungan dengan mata pencaharian penduduk. Apakah aktivitas itu berlangsung di daerah pegunungan, di dataran rendah, dekat dengan sungai, di pantai, dan seterusnya.

  • Pendekatan regionalRegional adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang memiliki karakteristik tertentu yang khas, yang membedakan diri dari wilayah-wilayah lainnya.

    Pendekatan regional berarti mendekati suatu gejala atau suatu masalah dari region tempat gejala atau masalah tertentu tersebar. Penekanan utama pendekatannya kepada region yang merupakan ruang atau lokasinya.

    Misalnya dalam studi kelaparan dapat dilakukan pendekatan region tentang kelaparan berdasarkan wilayahnya. Dari hasil pendekatan region dengan didasarkan atas prinsip-prinsip geografi, akhirnya dapat dilakukan deskripsi gejala atau masalah kelaparan pada wilayah yang bersangkutan.

2. Pendekatan Ekologi

Pendekatan ekologi (ecological approach) adalah suatu metodelogi untuk mendekati, menelaah dan menganalisis suatu gejala atau masalah geografi dengan menerapkan konsep dan prinsip ekologi. Pandangan dan penelaahan ekologi diarahkan kepada hubungan antara manusia sebagai mahluk hidup dengan lingkungan alam.

Pandangan dan penelaahan ini dikenal sebagai pendekatan ekologi (ecological approach), dapat mengungkap masalah hubungan penyebaran dan aktivitas manusia dengan lingkungan alamnya. Pendekatan ekologi pada suatu daerah (permukiman, pertanian, dan sebagainya) maka daerah tersebut ditinjau sebagai suatu bentuk ekosistem hasil interaksi penyebaran dan aktivitas manuasia dengan lingkungan alamnya.

3. Pendekatan Kronologi

Pendekatan kronologi atau pendekatan histories adalah suatu pendekatan metodologi dengan menggunakan dimensi urutan waktu atau dimensi sejarah.

Dengan menerapkan pendekatan kronologi maka peneliti dapat mengkaji perkembangan, dapat pula melakukan prediksi proses gejala atau masalah-masalah pada masa yang akan datang.

4. Pendekatan Sistem

Pendekatan system merupakan suatu mode berfikir sinetik yang diterapkan pada masalah yang merupakan suatu system.

Sedangkan yang dimaksud dengan mode berfikir sintetik yaitu mode berfikir yang didasarkan atas doktrin ekspansionisme. Doktrin ekspansionisme adalah cara meninjau suatu benda sebagai bagian dari keseluruhan yang besar.

Langkah – langkah Penelitian Geografi

Hal-hal yang harus dikuasai oleh orang yang berkecimpung dalam penelitian geografi antara lain observasi lapangan, membuat dan menggunakan berbagai peta, menggunakan dan menyusun suatu dokumentasi, menyusun serta membuat model, dan lain-lain.

Untuk dapat melakukan penelitian geogafi yang memenuhi persyaratan, harus memiliki pengetahuan ilmu geografi, kemampuan teknik penelitian, dan kemampuan analisis dan interpretasi data.

Langkah-langkah penelitian geografi sebagai berikut ;

  • Perumusan masalah dan tujuan penelitian
  • Penyusunan hipotesa penelitian
  • Penentuan populasi dan penarikan sample
  • Teknik pengumpulan data
  • Analisis dan interpretasi data
  • Penarikan kesimpulan hasil penelitian

Baca Juga:

[Terlengkap] Metode Pendekatan Geografi Dalam Penelitian Lapangan
Rate this post


Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
author
Author: 
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
PelajarPintar.Com – Berikut ini pak guru berikan
Perbedaan Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Kesimpulan
Perbedaan Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Kesimpulan
PelajarPintar.Com – Tahukan anda, perbedaan antara gagasan
[Lengkap]Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
[Lengkap]Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
PelajarPintar.Com – Interaksi Sosial menurut menurut Shaw
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Sriwijaya meninggalkan beberapa
Must read×

Top