[Terlengkap] Ciri Khusus Beberapa Hewan

In Pelajaran SD/MIN 72 views

Pelajarpintar.com – Jenis hewan yang ada di dunia ini sangat beraneka ragam. Keaneka ragaman hewan dapat meliputi bentuk tubuh, jenis makanan dan lingkungan tempat tinggalnya. Hewan mempunyai ciri khusu masing-masing.

Ciri khusus beberapa jenis hewan sebagai berikut :

 Cecak : Kaki Pelekat

cecak tokek

 

“Kaki lekat pada  cecak ataupun tokek berguna untuk merayap di dinding saat menangkap serangga”

Cecak ataupun tokek memiliki telapak kaki pelekat. Telapak kaki tersebut terdiri dari sisik-sisik yang membentuk bantalan lebar dan terdapat rambut-rambut halus. Telapak kaki tersebut berfungsi untuk menggenggam permukaan benda ketika memanjat. Cecak dapat menempel dan berjalan di dinding karena tapak kaki tersebut memiliki daya isap.

 Kelelawar : Kemampuan Ekolokasi

kelelawar

“Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi yang digunakan saat terbang dan mencari makanan pada malam hari”

Kelelawar aktif mencari makan pada malam hari. Bagaimana cara kelelawar mencari makan di malam hari agar tidak menabrak benda saat terbang?

Mata kelelawar sangat kecil dan tidak berkembang dengan baik, namun memiliki telinga yang sangat sensitif dan mampu menerima getaran.  Kemampuan menerima getaran gema inilah yang disebut kemampuan ekolokasi. Ukuran telinganya cukup besar dibandingkan dengan ukuran kepalanya.

Bagaimana kelelawar melakukan ekolokasi?.

Telinga kelelawar mempunyai kemampuan menerima getaran ultrasonik dengan frekuensi lebih dari 20.000 Hz, yang dikeluarkan dari pangkal tenggorokannya. Saat getaran ultrasonik ini menyentuh suatu benda, maka gema yang ditimbulkan akan diterima oleh telinganya. Gema ini memberikan informasi tentang benda yang ada di hadapannya. Itulah sebabnya kelelawar dapat terbang mencari makan di malam hari tanpa menabrak benda di hadapannya.

 Bebek : Kaki Berselaput

bebek

“Kaki selaput bebek digunakan saat berenang di air.”

Bebek adalah salah satu jenis unggas yang banyak di pelihara oleh  manusia. Bebek hidup di tanah yang berlumpur dan mencari makan dengan berenang di air tawar. Bebek mempunyai kaki yang berselaput yang berfungsi untuk menapak di tanah berlumpur agar kakinya tidak tenggelam dan juga digunakan untuk mendayung sehingga mampu berenang di air.

Unta : Punuk

unta

“Unta memiliki punuk yang berisi lemak sebagai cadangan cairan”

Sejak dulu, unta yang tingginya mencapai 3 m itu digunakan untuk membawa orang menyeberangi padang pasir. Unta sering digunakan untuk berjalan jauh dan mampu bertahan tanpa makan dan minum. Unta memiliki punuk yang merupakan  daging yang tumbuh di bagian tengkuk  yang berisi lemak. Punuk tersebut juga digunakan sebagai cadangan cairan. Saat berada di tempat dengan makanan berlimpah, unta mengisi perutnya yang besar dengan rumput dan air.

Bunglon : Lidah Panjang dan Kemampuan Mimikri

bunglon

“Bunglon memiliki lidah yang panjang dan kemampuan mengubah warna kulitnya”

Bunglon mempunyai lidah yang panjang. Saat ada serangga yang mendekat,lidah bunglon yang panjang tersebut melesat keluar menangkap mangsanya. Gerakan lidah yang dilakukan oleh bunglon sangat cepat bahkan Mata manusia pun sulit untuk melihatnya. Jangkauan lidah bunglon dapat bertambah sesuai dengan jarak mangsanya.

Bungklon juga dapat melakukan mimikri yaitu merubah warna tubuhnya sesuai dengan kondisi lingkungannya. Bunglon dapat mengubah warna kulitnya menjadi hijau, kuning, cokelat, atau bintik-bintik.Di bawah kulit bunglon terdapat sel-sel yang dapat berubah warna sesuai dengan sekelilingnya sehingga bunglon sulit terlihat. Bunglon mengubah warna kulitnya ketika marah, takut, dan terjadi perubahan suhu serta cahaya. Selain itu, mimikri juga berhubungan dengan kemenangan atau kekalahan dalam persaingan antar bunglon. Dengan kemampuan tersebut, bunglon mampumenghindari pemangsa dan mengelabui mangsanya

Burung Hantu : Penglihatan dan Pendengaran yang Tajam

burung hantu

“Burung hantu memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam”

Burung hantu merupakan burung pemangsa yang aktif pada malam hari. Burung hantu memiliki pendengaran dan penglihatan yang tajam. Mata besarnya dengan pupil yang dapat menyerap seluruh cahaya di malam hari, Burung hantu

mampu melihat ke segala arah dengan jelas.Penglihatan matanya yang tajam sangat berguna untuk menangkap mangsa pada malam hari.Burung hantu mempunyai bulu seperti daun telinga yang menjulang ke atas yang berguna untuk mengarahkan suara yang masuk ke telinga. Burung hantu mengeluarkan suara yang dapat membuat binatang lain takut dan akan membuat gerakan. kemudian saat itulah secara diam-diam burung hatu dapat dengan mudah menangkap mangsa dengan pendengaran-nya yang tajam. Tubuh burung hantu dilengkapi dengan bulu-bulu yang halus di sekujur tubuhnya yang membantunya terbang tanpa suara.

 Ular : Organ Pembau

ular

“Ular memiliki organ Jacobson sebagai indra penciuman”

Ular merupakan hewan melata yang memiliki tubuh panjang dan bergerak dengan perutnya. Ular mempunyai sisik di perut yang dipijakkan pada tempat yang tidak rata atau kasar, sehingga ular dapat berjalan dengan cepat.

Ular memiliki organ Jacobson sebagai indra penciuman yang berada di langit-langit mulutnya.

organ jacobson

Ular menggunakan lidahnya untuk mencium bau mangksanya. Saat ular menjulurkan lidahnya, ia mengumpulkan partikel-partikel kimia dari udara. Partikel tersebut dihantarkan ke sel-sel saraf di organ Jacobson sehingga ular itu dapat merasakan bau mangsanya.

 Baca juga :

[Terlengkap] Ciri Khusus Beberapa Hewan
Rate this post


Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags: #ciri ciri hewan dan tumbuhan #ciri ciri hewan secara umum #ciri khusus hewan dan fungsinya #ciri khusus hewan dan fungsinya kelas 6 #ciri khusus hewan dan gambarnya #ciri khusus hewan dan manfaatnya #ciri khusus hewan kucing #ciri khusus tumbuhan

author
Author: 
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
PelajarPintar.Com – Berikut ini pak guru berikan
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Sriwijaya meninggalkan beberapa
Bagian Bagian Mulut dan Fungsinya
Bagian Bagian Mulut dan Fungsinya
PelajarPintar.Com – Mulut merupakan salah satu organ
Must read×

Top