[Terlengkap] Ciri-ciri Khusus Beberapa Tumbuhan

Posted on

Pelajarpintar.com – Beberapa saat lalu kita sudah belajar ciri khusus beberapa jenis hewan, sekarang kita akan belajar tentang ciri khusus beberapa jenis tumbuhan.

Seperti halnya hewan, tumbuhan juga memiliki ciri khusus sesuai dengan keadaan lingkungan tempat hidupnya. Mari kita pelajari ciri-ciri khusus beberapa jenis tumbuhan sebagai berikut :

Kaktus : Batang Penyimpan Air dan Duri

kaktus

“Batang kaktus dapat digunakan untuk menyimpan air”

Kaktus termasuk kelompok tumbuhan yang berduri. Kaktus mampu bertahan hidup di tempat yang kering dan tandus seperti padang pasir. Kaktus memiliki batang sukulen yang mampu menyimpan cadangan air dan dapat digunakan selama dua tahun musim kering. Ketika hujan turun, kaktus menyerap air sebanyak mungkin. Akar kaktus yang panjang dan tersebar di tanah berfungsi sebagai penyerap air dan zat hara. Saat menyimpan air batang terlihat menggembung. Ketika musim kemarau tiba, batang kaktus mulai mengerut karena cadangan air terpakai. Kaktus memiliki daun yang mengalami perubahan bentuk (modifikasi) menjadi duri yang berguna untuk mengurangi penguapan

Teratai : Batang Berongga dan Stomata di Permukaan Atas Daun

Teratai

“Batang teratai yang berongga digunakan sebagai saluran udara”

Teratai termasuk kelompok tumbuhan air dengan daun yang berbentuk bundar dan terapung di permukaan air. Daun teratai memiliki stomata di permukaan atas daun yang memudahkan pengeluaran uap air ke udara. Teratai juga memiliki permukaan daun yang lebar yang bertujuan untuk mempercepat penguapan. Teratai memiliki batang yang berongga yang digunakan sebagai jalan udara. Sehingga, teratai tetap dapat bernapas meskipun berada di dalam air

Kantung Semar : Corong Perangkap Serangga

Kantung Semar

“Kantung semar mencerna serangga untuk memenuhi kebutuhan nitrogen”

Kantung semar tumbuh di daerah rawa yang kandungan nitrogennya sedikit. Sehingga membutuh pemasukan nitrogen dari luar. Tumbuhan kantung semar mencerna serangga untuk memperoleh nitrogen sehingga disebut tumbuhan insektivora.

Dinding corong kantung semar bersifat licin dan berlapis lilin serta mengandung cairan manis yang dapat menarik serangga untuk datang mendekat. Serangga yang mendekati cairan manis tersebut akan tergelincir dan jatuh ke dalam dan tidak dapat menapak, sehingga tenggelam dalam cairan. Di dalam corong terdapat cairan yang dapat mencerna bagian hewan lunak menjadi cairan yang kaya zat makanan yang kemudian diserap oleh dinding bagian dalam dan dibawa ke seluruh bagian tumbuhan

Bunga Bangkai : Bau Busuk

bunga bangkai

“Bau busuk bunga bangkai menarik lalat dan kumbang kotoran mendekat dapat membantu penyerbukan”

Bunga bangkai mengeluarkan bau busuk untuk menarik hewan seperti lalat, kumbang kotoran, dan kumbang bangkai untuk datang mendekatinya. dan bunga bangkai dibantu oleh Serangga-serangga tersebut dalam proses penyerbukan bunga bangkai. Yang termasuk bunga bangkai yaitu :

  • Amorphophalus yang tumbuh dari umbi dengan diameter hingga 50 cm berat lbih dari 50 kg
  • Bunga raksasa Rafflesia arnoldii merupakan tumbuhan parasit dan termasuk bunga langka dan hampir punah karena terjadinya kerusakan pada habitatnya di hutan hujan tropis di daerah Sumatra.

Demikian ciri-ciri khusus beberapa jenis tumbuhan, semoga bermanfaat.

Baca juga :

2 thoughts on “[Terlengkap] Ciri-ciri Khusus Beberapa Tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *