[Terlengkap] 10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Posted on

PelajarPintar.Com – Kita sebagai umat muslim wajib untuk megimani para malaikat. Allah tidak menerangkan dengan jelas jumlah malaikat namun kita wajib mengimani ke 10 nama malaikat berikut ini:

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah kepala seluruh para malaikat. Dalam Al-Qur’an, banyak nama yang diberikan kepadanya, seperti “Ruhul Amin” yang berarti roh yang diberikan kepercayaan, “Ruhul Kudus” yang artinya roh yang suci, dan sebagainya.

Tugas utama Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah swt. Wahyu tersebut untuk disampaikan kepada umat manusia.

Malaikat Mikail

Segala yang terjadi di bumi dan alam sekitarnya sangat mengagumkan. Hal ini tentunya akan mempertebal keimanan kita kepada Allah swt. Malaikat yang ditugasi Allah untuk mengatur jagat raya ini adalah Malaikat Mikail.

Malaikat Mikail memiliki tugas untuk mengatur perputaran dan perjalanan galaksi yang tak berujung, mengatur bintang-bintang yang tak terhingga jumlahnya, mengatur perjalanan tata surya, mengatur bumi dengan segala isinya, mengatur turunnya hujan, panas, siang dan malam, berat dan ringan, dan sebagainya (Malaikat mikail juga adalah malaikat yang bertugas membagikan rezeki). Semua tugas itu dilakukannya dengan izin dan kehendak Allah swt.

Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat. Tiupan Malaikat Israfil merupakan perintah Allah swt. Tiupan sangkakala Malaikat Israfil yang pertama mengakibatkan rusaknya alam dunia dengan segala isinya, termasuk matinya semua makhluk yang hidup.

Kemudian, tiupan sangkakala yang kedua membangkitkan semua umat manusia dari alam kubur dan dikumpulkannya di Padang Mahsyar untuk di hisab. Firman Allah:

Artinya:
“Dan pada hari itu kami biarkan mereka bergelombang (bercampur baur)  satu  dengan  yang lainnya,  serunai  ditiup,  mereka  akan  dikumpulkan semua”. (Surah  Al-Kahf [18]: 99)

Tugas Malaikat Izrail

Malaikat Izrail disebut juga dengan Malaikat Maut. Hal ini dikarenakan  Malaikat Izrail  memiliki tugas untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang  bernyawa.

Bila  sampai  waktunya  dan  semua  makhluk  hidup  sudah  mati, ia akan mencabut nyawanya sendiri. Firman Allah swt.:

Artinya:
”Katakanlah!  Kamu  diwafatkan  oleh  malaikat  maut,  yang  diwakilkan  kepadanya untuk mewafatkan kamu. Kemudian, kamu akan dikembalikan  kepada Tuhanmu”. (Surah As-Sajdah [32]:11)

Tugas Malaikat Rakib dan ‘Atid

Setiap  perkataan  dan  perbuatan  manusia  pastilah  akan  dimintai  pertanggungjawabannya, tidak ada sedikitpun perbuatan baik dan buruk kita  terhindar  dari  pengawasan  kedua  malaikat  Allah,  yakni  Rakib  dan  ‘Atid.

Malaikat Rakib dan ‘Atid bertugas untuk mengawasi dan mencatat perbuatan  dan perkataan manusia. Yang baik dicatat oleh Malaikat Rakib yang selalu ada  di sebelah kanan manusia, sedangkan yang buruk dicatat oleh Malaikat ‘Atid  yang selalu berada di sebelah kiri manusia.

Firman Allah swt.:

Artinya:
”Tidak ada  sesuatu  perkataan  yang  dikatakan  melainkan ada  malaikat  yang mengawasi dan meneliti.” (Surah Q±f [50]: 18)

Tugas Malaikat Munkar dan Nakir

Setelah meninggal dunia, manusia akan memasuki tahap selanjutnya, yaitu  alam kubur. Di alam kubur ini, manusia akan ditanya oleh dua malaikat Allah,  yaitu Malaikat Munkar dan Nakir.

Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyakan perbuatan atau amal manusia setelah mati di alam kubur.
Firman Allah swt.:

Artinya:
”Dialah yang menjadikan hidup dan mati, untuk menguji kamu siapakah  amalnya yang lebih baik” (Surah Al-Mulk [67]: 2)

Tugas Malaikat Malik.

Malaikat  Malik  bertugas  menjaga  neraka.  Malaikat  Malik  disebut  juga Malaikat Zabaniyah. Sebagaimana ditegaskan Allah swt. dalam Al-Qur’an:

Artinya:
”Nanti  kami  akan  memanggil  malaikat  Zabaniyah,  (penjaga  neraka)”. (Surah  Al-A’laq [ 96]: 18)

Tugas Malaikat Ridwan.

Malaikat Ridwan bertugas menjaga dan memelihara surga yang merupakan tempat  bagi  manusia  untuk  menerima  ganjaran  pahala,  sebagai  balasan perbuatan baiknya selama hidup di dunia.
Firman Allah swt.:

Artinya:
”Sesungguhnya orang-orang telah berkata: ”Tuhan kami adalah Allah, kemudian  mereka  tetap  pada  pendirian  itu,  tentu  malaikat  akan  turun untuk menemui mereka, agar mereka tidak merasa takut dan tidak berduka cita. Berilah mereka kabar gembira dengan surga yang telah dijanjikan kepadamu”. (Surah Fu¡¡il±t [41]: 30)

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *