[ TERLENGKAP ] 10 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Posted on

PelajarPintar.Com – Selamat datang di situs Berbagi Materi Pendidikan untuk Pelajar Agar menjadi smakin Pintar, Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang indikator pertumbuhan ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, indikator negara maju, serta pengertian dan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

atau kemajuan suatu negara dengan negara lain berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kualitas sumber daya manusia, tingkat perkembangan ekonomi, keadaan sumber daya alam, dan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setiap Negara mempunya kemampuan kemajuan dalam hal pembangunan ekonomi berbeda dan penyebabnya pun bervariasi, maka dibawah ini adalah penjelasan beberapa faktor umum penyebabnya,

  1. Urbanisasi

Urbanisasi adalah fenomena yang biasa terjadi di dalam setiap negara, khususnya negara berkembang yang memiliki proporsi penduduk tinggal di pedesaan dengan sektor pertanian yang tentunya lebih besar. Selain itu, proses industrialisasi di kota berlangsung lebih cepat daripada di pedesaan hingga muncul atau timbul lah urbanisasi. Hal ini bukan tanpa alasan, kota lebih menarik banyak penduduk desa untuk pindah ke kota karena di kota kegiatan ekonominya sangat banyak dan peluang pun terbuka dengan lebar. dan fenomena urbanisasi inilah yang digunakan sebagai salah satu indikator dari pembangunan ekonomi.

  1. Pendapatan Per Kapita

Pendapatan per kapita merupakan salah satu indikator untuk mengukut pertumbuhan ekonomi, baik itu dengan ukuran PDB maupun GNP. Seperti pada pembahasan sebelumnya, pendapatan per kapita bisa diukur atau dihitung dengan tujuan untuk bisa mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat.

  1. Struktur Ekonomi

Teori pertumbuhan ekonomi yang pernah dibahas sebelumnya menyebutkan mengenai tahapannya berdasarkan pendapat dari berbagai ahli ekonomi dunia. Seluruh tahapan ekonomi tersebut mengacu pada perubahan struktur ekonomi dari masa ke masa. Perkembangan ini dibuktikan dari perubahan sektor pertanian ke sektor industri dengan cara perbaikan tingkat upah hingga meningkatkan produktifitas dan output produksi. 6 Indikator Keberhasilan Pembangunan  Ekonomi.

  1. Angka Tabungan

Tabungan masyarakat adalah modal penting di dalam perekonomian. Perubahan struktur ekonomi dari pertanian ke industri menyebabkan adanya kenaikan jumlah modal serta investasi. Investasi dan modal ini akan menyebabkan kenaikan tingkat profuktifitas dan juga outpur hasil produksi. Maka dari itu hal ini adalah indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

  1. Indeks Kualitas Hidup


IKH atau indeks kualitas hidup bisa diguakan sebagai alat ukur kemakmuran dan sejahteraan masyarakat yang pada akhirnya akan menentukan keberhasilan pembangunan. Berikut ini indikator perhitungan indeks kualitas hidup : Angka rata-rata harapan hidup, Angka kematian bayi dan Angka Melek Huruf.

  1. Indeks Pembangunan Manusia


Human development indeks atau Indeks pembangunan manusia digunakan untuk mengukur perbandingan angka harapan hidup, pendidikan, melek huruf dan  juga standar hidup untuk semua negara yang ada di dunia. IPM ini bisa memperlihatkan kualitas hidup masyarakat hingga menjadi tolak ukur di dalam pembangunan ekonomi.

  1. Penurunan Pertumbuhan Penduduk


Bangsa-bangsa di negara berkembang rata-rata memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju. Oleh karena itu kebanyakan pemerintah negara berkembang melakukan pencanangan usaha pengendalian jumlah penduduk.

Usaha tersebut antara lain dilakukan melalui program Keluarga Berencana, seperti yang digalakkan di Indonesia. Dewasa ini pertumbuhan penduduk di negara-negara maju berkisar 0,1 % per tahun. Di negara-negara berkembang masih cukup tinggi, yaitu1,6% per tahun. Sedangkan rata-rata pertumbuhan penduduk dunia sekitar 1,3% per tahun.

  1. Penurunan Angka Buta Huruf


Angka buta huruf suatu negara berkaitan dengan tingkat pendidikan penduduk. Negara-negara yang rata-rata pendidikan penduduknya tinggi, memiliki angka buta huruf yang rendah. Sebaliknya di negara-negara yang tingkat pendidikan penduduknya rendah, angka buta hurufnya juga tinggi. Tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator kualitas penduduk suatu Negara

  1. Penurunan Kematian Bayi


Tingkat kematian bayi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu bangsa, karena tingkat kematian bayi menentukan tingkat kesehatan penduduk bangsa tersebut.

Pada tahun 2001, data World Population Sheet menunjukkan rata-rata kematian bayi di negara-negara maju sebesar 8 jiwa untuk setiap 1.000 penduduk. Di negara-negara berkembang sebesar 61 jiwa per 1.000 penduduk. Sedangkan rata-rata di dunia, besar angka kematian bayi adalah 56 jiwa per 1.000 penduduk.

  1. Penurunan Masyarakat Miskin


Kemiskinan merupakan salah satu ciri masyarakat di negara-negara terbelakang dan negara berkembang. Kondisi ini sangat kentara terjadi di beberapa negara Afrika, misalnya Somalia. Pemerintah di negara-negara berkembang saat ini sedang berusaha sekuat tenaga untuk mengurangi jumlah masyarakat miskin, agar bisa sejajar dengan negara-negara maju.

Baca Juga :

 

40 Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Beserta Pola Kalimatnya

[PALING LENGKAP ] Jenis Otot, Fungsinya, Dan Gangguan Pada Otot
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *