[Pintar IPA] Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif

In Pelajaran SD/MIN 66 views

“Perkembangbiakan tanpa proses perkawinan meliputi membelah diri, pertunasan, dan fragmentasi.”

Pelajarpintar.com – Hewan memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Hewan dapat berkembang biak tanpa perkawinan atau secara vegetatif maupun melalui perkawinan atau secara generatif. Sekarang kita akan mempelajari Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif.

Perkembangbiakan hewan secara vegetatif dapat melalui cara membelah diri, pertunasan, dan fragmentasi. Perkembangbiakan demikian dialami oleh hewan tingkat

Membelah Diri

Membelah diri adalah membagi tubuh menjadi dua sama besar. Hewan yang berkembang biak dengan membelah diri yaitu Amoeba.  Amoeba  adalah hewan bersel satu. Ukuran Amoeba sangat kecil.

amoeba

Kaki semu pada Amoeba ditarik ke dalam sehingga tubuhnya menjadi bulat. Pada saat itu, inti sel mulai terbelah menjadi dua dan  Amoeba membelah  diri menjadi dua.

Pertunasan

Pertunasan merupakan cara perkembangbiakan hewan yang dilakukan dengan membentuk tunas pada tubuhnya. Tunas akan terus tumbuh dan ber-kembang hingga ukuran tertentu. Setelah cukup dewasa, tunas akan melepaskan diri. Selanjutnya, tunas yang terpisah dari induknya akan tumbuh menjadi hewan baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara pertunasan adalah Hydra.

hydra

Fragmentasi

Fragmentasi merupakan cara berkembang biak hewan tingkat rendah melalui pemotongan bagian tubuh tertentu. Kemudian, potongan tubuh tersebut akan tumbuh menjadiketurunan yang baru. Contoh hewanyang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah cacing pipih (Planaria).

planaria

Baca juga :

 

[Pintar IPA] Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif
Rate this post
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags: #20 contoh hewan ovipar #ciri ciri hewan ovipar #ciri ciri hewan vivipar #contoh hewan ovipar #contoh hewan ovovivipar #contoh hewan vivipar #hewan yang bertelur #perkembangbiakan hewan secara vegetatif

author
Author: 
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
PelajarPintar.Com – Berikut ini pak guru berikan
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Sriwijaya meninggalkan beberapa
Bagian Bagian Mulut dan Fungsinya
Bagian Bagian Mulut dan Fungsinya
PelajarPintar.Com – Mulut merupakan salah satu organ
Must read×

Top