[Pintar IPA] Perkembang Biakan Hewan Secara Generatif

Posted on

“Hewan berkembang biak dengan cara bertelur, melahirkan, atau bertelur melahirkan.”

Pelajarpintar.com – Beberapa saat lalu kita sudah belajar tentang Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif. Sekarang kita akan belajar tentang Perkembangbiakan hewan secara generatif. Perkembangbiakan hewan secara generatif dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar).

Perkembangbiakan Hewan dengan Bertelur

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur. Sel telur dihasilkan oleh hewan betina. Sel sperma dihasilkan oleh hewan jantan. Beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur misalnya ikan, serangga, ayam, kadal, katak, dan buaya.

Berdasarkan tempat terjadinya, pembuahan pada hewan dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuahan internal dan pembuahan eksternal

Pembuahan internal

Pembuahan internal terjadi di dalam tubuh hewan betina. Sperma hewan jantan dimasukkan ke dalam saluran reproduksi betina. Contoh hewan yang melakukan pembuahan internal adalah burung penguin dan serangga. Setelah bertelur, hewan-hewan tersebut mengerami telurnya hingga menetas.

pinguin

Pembuahan eksternal

Pembuahan eksternal terjadi di luar tubuh hewan betina. Kebanyakan hewan yang mengalami  pembuahan eksternal menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak. Contoh hewan yang melakukan pembuahan di luar tubuh adalah ikan dan katak. Katak betina melepaskan telur ke dalam air. Telur-telurnya ini dilindungi oleh lapisan lendir.  Telur ini biasanya dibuahi di dalam air atau di luar tubuh induknya. Telur ini kemudian menetas dan tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa akan naik ke atas daratan yang kering untuk mencari makanan.

katak

Perkembangbiakan Hewan dengan Melahirkan

paus dan kanguru

Hewan yang berkembang biak secara melahirkan disebut vivipar. Hewan yang melahirkan juga menghasilkan telur. Namun, telur yang dihasilkan tidak dibungkus cangkang dan tidak dikeluarkan dari dalam tubuh hewan betina. Kerbau, kijang, kucing, anjing, kuda, kambing, sapi, gajah, orang utan, kanguru, harimau, dan kelinci termasuk contoh hewan yang berkembang biak secara melahirkan.

Hewan yang beranak kebanyakan menyusui anaknya. Hewan yang demikian disebut mamalia. Ada pula hewan mamalia yang hidup di air. Misalnya, paus dan lumba-lumba. Ciri-ciri hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan :

  1. Mempunyai kelenjar susu.
  2. Hewan betina menyusui  anaknya dan memelihara mereka hingga dewasa.
  3. Mempunyai rahim.
  4. Kulit tubuh hewan umumnya memiliki rambut dan mengandung kelenjar, seperti kelenjar lemak dan keringat.

Perkembangbiakan Hewan dengan Bertelur dan Melahirkan

hiu

Selain berkembang biak dengan cara bertelur atau beranak, hewan juga dapat berkembang biak melalui perpaduan kedua cara tersebut, yaitu dengan bertelur dan beranak. Hewan yang berkembang biak secara bertelur dan melahirkan disebut ovovivipar. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara demikian adalah ikan hiu, beberapa jenis ular, dan kadal.Cara berkembang biak secara ovovivipar merupakan perpaduan antara cara bertelur dengan cara melahirkan. Telur yang sudah dibuahi menetas di dalam tubuh hewan betina dan keluar sudah dalam bentuk bayi. Hewan tersebut tampak seolah-olah melahirkan anak, tetapi sebenarnya hewan tersebut mengandung calon anaknya dalam bentuk telur.

Baca juga :

One thought on “[Pintar IPA] Perkembang Biakan Hewan Secara Generatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *