Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi

Posted on

PelajarPintar.Com – Berikut ini pak guru berikan penjelasan secara detail tentang paragraf induksi dan deduksi semoga adik adik menjadi paham dan mengerti setelah membaca di pelajarpintar.com

Paragraf Deduksi

Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu, tetapi mengandung unsure pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.

Gagasan Utamanya : Bacaan yang baik untuk anak
Kalimat Utamanya  : Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula.
Kesimpulannya     : Bacaan yang baik untuk anak sebaiknya menceritakan tokoh kartun yang mengandung unsur pendidikan dan pesan moral

Paragraf Induksi

Sudah ada ide tetapi sukar untuk dituangkan. Selalu dihadapkan dengan persoalan apa yang hendak ditulis? Seberapa panjang tulisan yang akan ditulis. Keringnya pengetahuan terhadap topik yang hendak dikembangkan. Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.
Gagasan Utamanya : Pengalaman belajar menulis
Kalimat Utamanya  : Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.
Kesimpulannya     : Pengalaman awal belajar menulis yaitu ketidaktahuan mengenai topik yang akan ditulis atau bingung dalam memilih topik.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *