[PALING LENGKAP ] Jenis Otot, Fungsinya, Dan Gangguan Pada Otot

PelajarPintar.Com – Sebenarnya apa sih yang menggerakan badan kita, tulang? Apa tulang bergerak sendiri? Tentu tidak. Tulang kita bergerak digerakkan oleh otot, tanpa otot tulang-tulang kita ini tidak dapat bergerak sama sekali, Tulang bisa juga disebut sebagai alat gerak pasif karena tulang sifatnya digerakan oleh oto.

Sedangkan otot disebut sebagai alat gerak aktif karena ototlah yang mampu menggerakan tulang. Otot dengan mudah akan memanjang ataupun memendek sehingga kita mudah untuk menggerakan tulang. Secara garis besar, jenis-jenis otot adalah otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Berdasarkan bentuk morfologis, sistem kerja, dan lokasinya dalam tubuh, otot dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot jantung, dan otot polos.

  1. Otot Jantung atau Miokardium

    Otot jantung mempunyai ciri seperti otot lurik, tetapi berinti satu atau dua dan terletak di tengah sel. Selain itu, otot jantung bercabang-cabang menghubungkan sel satu dengan sel lain. Cabang dari otot jantung disebut anastomosis. Batas antarsel otot jantung tampak jelas dan disebut diskus interkalaris. Otot jantung hanya terdapat di jantung dan kontraksinya bekerja di iuar kesadaran.

  2. Otot Lurik/Otot Rangka/Otot Serat Lintang

    Otot lurik disebut juga otot sadar karena bekerjanya dikendalikan oleh kehendak kita. Otot lurik tersusun dari miofibril berinti banyak, intinya terletak di tepi sel, berwarna gelap dan terang, tersusun teratur. serta tampak bergaris. Otot lurik mempunyai kontraksi cepat, tidak teratur, dan mudah lelah.Otot lurik melekat pada rangka dan berfungsi menggerakkan rangka. Otot lurik dapat bergerak karena rangsang berupa panas, dingin, listrik, dan rangsang kimia.

    Kumpulan otot-otot lurik mengakibatkan bagian tengahnya menggelembung yang disebut empal atau ventrikel. Ventrikel disebut juga belli. Adapun bagian tepi kumpulan otot-otot tersebut mengecil dan disebut urat otot atau tendon. Tendon yang melekat pada tulang yang bergerak disebut insersio, sedangkan tendon yang melekat pada tulang yang tidak bergerak disebut origo. Bagian-bagian dari otot lurik tersebut dapat berkontraksi sehingga menimbulkan gerakan.

  3. Otot Polos

    Sel otot polos berbentuk seperti gelendong, berinti satu, dan intinya terletak di tengah sel. Kontraksinya lambat dan tidak mudah lelah, Hal ini disebabkan karena kerja otot polos tidak dipengaruhi oleh kehendak. Otot polos terdapat pada dinding organ-organ bagian dalam

Gangguan pada Otot

Beberapa contoh gangguan pada otot sebagai berikut. Atrofi otot: penurunan fungsi otot karena otot mengecil atau kehilangan kemampuan berkontraksi.

  • Hipertrofi otot: otot menjadi lebih besar dan lebih kuat karena sering digunakan.
  • Distrofi otot: penyakit melemahnya otot akibat cacat genetis.
  • Hernia abdominal: dinding otot abdominal sobek serta mengakibatkan usus melorot dan masuk ke rongga perut.
  • Kram atau kejang: terjadi akibat kontraksi otot yang terus-menerus.,
  • Tetanus: otot menjadi kejang akibat infeksi bakteri Clostridium tetani.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang [PALING LENGKAP ] Jenis Otot, Fungsinya, Dan Gangguan Pada Otot. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

  TERLENGKAP Teori Motivasi Abraham Maslow
8 Pendapat Menurut Para Ahli Manajemen Berbasis Sekolah 
[PALING LENGKAP ] Jenis Otot, Fungsinya, Dan Gangguan Pada Otot
Rate this post
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags: #20 macam otot #bagaimana otot bekerja #jenis jenis otot berdasarkan bentuk dan lokasinya #jenis jenis otot dan letaknya #jenis jenis otot manusia dan contohnya #macam macam otot dan fungsinya #makalah otot manusia #mengapa struktur tulang rawan lunak sedangkan tulang keras kaku

author
Author: 
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
PelajarPintar.Com – Berikut ini pak guru berikan
Perbedaan Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Kesimpulan
Perbedaan Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Kesimpulan
PelajarPintar.Com – Tahukan anda, perbedaan antara gagasan
[Lengkap]Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
[Lengkap]Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
PelajarPintar.Com – Interaksi Sosial menurut menurut Shaw
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Sriwijaya meninggalkan beberapa
Must read×

Top