[Lengkap] Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Posted on

“Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai dari bayi hingga masa remaja. Pada usia dewasa, pertumbuhan tubuh terhenti. Pada usia lanjut, tubuh mulai Melemah”.

Pelajarpintar.com – Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan merupakan perubahan makhluk hidup mulai dari kecil hingga menjadi dewasa dan tidak dapat kembali ke keadaan semula. Perkembangan merupakan proses menuju tercapainya kedewasaan. Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut dimulai dari bayi, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Baiklah, marilah kita pelajari tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia sebagai berikut :

Bayi

bayi

Pada tahun pertama, Bayi akan mengalami pertumbuhan secara cepat dan sepenuhnya bergantung pada orang tuanya untuk memperoleh makanan dan perlindungan. Pada usia tersebut bayi mulai mengembangkan berbagai kemampuan seperti berjalan dan berinteraksi dengan orang lain. Pada usia delapan tahun, anak sudah dapat berjalan, berlari, menyanyi, menulis, membaca, dan bahkan naik sepeda. Berat dan tinggi badan anak juga bertambah.

Remaja

remaja

Masa remaja ditandai dengan gejala pubertas yaitu masa pertumbuhan pesat menuju tahap kematangan seksual. Tahap ini umumnya berawal pada usia sebelas tahun untuk anak perempuan dan tiga belas tahun untuk anak laki-laki. Pada masa tersebut, baik laki-laki maupun perempuan akan mengalami perubahan fisik.

Dewasa

dewasa

Masa dewasa terjadi Setelah mengalami masa pubertas. Manusia sudah memiliki bentuk tubuh yang tetap. Orang dewasa lebih mandiri dan mampu berpikir dengan pertimbangan yang matang. Pada masa ini pertumbuhan tinggi badan berhenti. Pada umumnya, masa dewasa manusia berkisar antara 20 – 50 tahun.

Usia Lanjut

Manusia semakin lama semakin menjadi tua. Pada usia 40 tahun ke atas, tubuh manusia menua dengan cepat, Kulit mengerut, otot serta tulang tidak sekuat dulu, organ-organ indra mulai melemah dan rambut menjadi beruban. Dalam proses yang normal akhirnya satu atau lebih sistem tubuh berhenti berfungsi hingga dalam suatu waktu seseorang meninggal.

 

Baca juga :

 

One thought on “[Lengkap] Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *