[LENGKAP] Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

PelajarPintar.Com – Sistem informasi manajemen atau biasa disebut “SIM” (dalam bahasa Inggris adalah management information system, MIS)

adalah sebuah sistem perencanan yang mengendalikan internal suatu bisnis yang mencakup sumber daya manusia, teknologi dan prosedur oleh akuntansi manajemen yang berfungsi untuk memecahkan masalah dalam bisnis seperti biaya produk, layanan, dan strategi bisnis

sistem informasi

Sistem informasi manajemen tersebut berbeda dengan sistem informasi umum dikarenakan SIM ini digunakan untuk dapat menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada suatu aktivitas operasional dalam organisasi.

Secara akademis dalam dunia pendidikan, istilah SIM pada umumnya digunakan untuk merujuk pada suatu kelompok metode manajemen informasi yang berkain dengan otomasi atau juga dukungan terhadap pengambilan suatu keputusan manusia, misalnya ialah sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Pengertian Sistem Informasi Manajeman Menurut Para Ahli

  • Pengertian SIM menurut Bodnar dan juga Hopwood (1993) didalam buku Accounting Information System adalah suatu Kumpulan perangkat keras serta juga perangkat lunak yang dirancang untuk dapat mentransformasikan data didalam bentuk informasi yang berguna.
  • Pengertian SIM menurut Turban, McLean, serta Waterbe (1999) didalam buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages dalam bahasa Indonesia (Teknologi Informasi untuk Manajemen Strategi untuk Membuat Koneksi Keuntungan)adalah suatu Sistem yang mengumpulkan (collect), memproses(Processing), menyimpan(save), menganalisa (analyze), serta juga menyebarkan(spread) informasi untuk tujuan yang lebih spesifik.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

  • Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perhitungan harga pokok jasa, produk, serta tujuan lainnya yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, serta juga perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan suatu informasi untuk pengambilan suatu keputusan.

berdasarkan ketiga tujuan itu menunjukkan bahwa manajer serta pengguna lainnya itu perlu mempunyai akses ke informasi akuntansi manajemen serta juga mengetahui bagaimana cara untuk menggunakannya.

Informasi akuntansi manajemen tersebut bisa membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan suatu masalah, serta mengevaluasi kinerja

Proses Manajemen

Proses manajemen tersebut didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatan:

Perencanaan

formulasi terinci untuk dapat mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah suatu aktivitas manajemen yang disebut dengan perencanaan. Oleh sebab itu , perencanaan mensyaratkan suatu penetapan tujuan serta juga identifikasi metode untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Pengendalian

perencanaan tersebut hanyalah setengahnya dalam proses manajemen . Setelah suatu rencana tersebut dibuat, rencana itu harus diimplementasikan, serta juga manajer dan pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk dapat memastikan rencana itu berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Aktivitas atau kegiatan manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana serta juga melakukan tindakan korektif sesuai dengan kebutuhan, disebut kebutuhan.

Pengambilan Keputusan

proses didalam pemilihan di antara berbagai alternative itu disebut dengan proses pengambilan suatu keputusan.

Fungsi dari manajerial ini adalah suatu jalinan antara perencanaan serta juga pengendalian.

Manajer tersebut harus mempunyai diantara beberapa tujuan serta juga metode untuk melaksanakan tujuan yang sudah dipilih. Hanya 1(satu) dari beberapa rencana yang dapat untuk dipilih. Komentar yang serupa juga dapat dibuat berkenaan dengan adanya fungsi pengendalian.

Baca Juga

Inilah Pengertian Hukum Bisnis, Tujuan, Latar Belakang, dan Fungsinya
[LENGKAP+GAMABAR ] Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia
[LENGKAP] Teks Pancasila dan Lambangnya

[LENGKAP] Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli
Rate this post


Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags: #contoh sistem informasi #fungsi sistem informasi #komponen sistem informasi #manfaat sistem informasi #pengertian sistem informasi manajemen #pengertian sistem informasi menurut para ahli #pengertian sistem informasi menurut para ahli dalam bukunya #tujuan sistem informasi

author
Author: 
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
Perbedaan Pengertian Paragraf Deduksi dan Induksi
PelajarPintar.Com – Berikut ini pak guru berikan
Perbedaan Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Kesimpulan
Perbedaan Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Kesimpulan
PelajarPintar.Com – Tahukan anda, perbedaan antara gagasan
[Lengkap]Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
[Lengkap]Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
PelajarPintar.Com – Interaksi Sosial menurut menurut Shaw
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Prasasti Kerjaan Sriwijaya Terlengkap
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Sriwijaya meninggalkan beberapa
Must read×

Top